Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Penyebab Saraf Kejepit di Kaki - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Penyebab Saraf Kejepit di Kaki

Apa pengertian saraf kejepit?

Saraf kejepit adalah kondisi bergesernya bantalan sendi sehingga menonjol keluar dari tempatnya dan menekan saraf di sekitarnya. Tekanan tidak wajar ini pada akhirnya akan menyebabkan sejumlah gejala nyeri yang menjalar, kebas, kesemutan, dan kelemahan otot di bagian tubuh yang terkena saraf kejepit.

Di mana saja saraf bisa terjepit?

Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, seperti leher, punggung, pinggang, bahkan pergelangan tangan.

Apa penyebabnya?

Penyebab saraf kejepit beragam, mulai dari cedera akibat terjatuh atau berolahraga, postur tubuh yang tidak baik, sering mengangkat beban berat, obesitas, kelainan tulang belakang, hingga penyakit tertentu seperti arthritis.

Mengapa saya mengalami nyeri menjalar sampai ke kaki? 

Pada umumnya, gejala nyeri yang meluas sampai bokong dan kaki berawal dari saraf kejepit di pinggang. Rasa nyeri tersebut juga dapat membuat kamu kesulitan beraktivitas karena otot di sekitar kaki juga bisa melemah sehingga membatasi mobilitas.

Apakah saraf kejepit berbahaya?

Saraf kejepit yang dibiarkan tanpa penanganan tentu sangat berbahaya. Berbagai risiko komplikasi pun mungkin saja terjadi, misalnya kerusakan saraf permanen dan kelumpuhan. Pada kasus yang parah, saraf kejepit dapat menyebabkan kematian. 

Bagaimana penanganannya?

Ada banyak cara untuk mengobati saraf kejepit. Namun, sebisa mungkin hindari melakukan pijatan di area saraf kejepit. Hal ini malah akan memperburuk kondisi nyerimu. Salah satu metode pengobatan tanpa operasi yang disarankan yakni dengan endoskopi BESS.

Apa itu endoskopi BESS?

BESS atau Biportal Endoscopic Spine Surgery adalah prosedur endoskopi yang menggunakan dua portal atau lubang sebagai pintu masuk untuk alat endoskop ke area tulang belakang, khususnya pada bagian saraf yang terjepit. Alat ini memiliki kamera khusus berukuran mikro yang tersambung dengan layar monitor. Dengan kamera tersebut, gambar saraf yang diperbesar akan muncul pada layar, sehingga dokter dengan mudah dapat melihat jelas lokasi dan kondisi saraf. Kemudian, dokter akan mengambil/ membuang tonjolan bantalan sendi atau tulang yang menekan saraf. Kamu pun akan terbebas dari saraf kejepit dan rasa nyeri langsung hilang.

Adakah kelebihan dari BESS?

BESS merupakan tindakan minimal invasif tanpa bedah yang lebih minim risiko. Dengan BESS, waktu tindakan relatif singkat, dokter lebih mudah mengakses sisi yang berlawanan karena teknik biportal, tanpa rawat inap, dan masa penyembuhan lebih cepat daripada operasi besar (bedah terbuka). 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang saraf kejepit dan metode pengobatannya, silakan hubungi tim Assistance Center kami di nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp ke 0811 1443 599.

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Faisal, Sp.BS

Artikel Terkait