Penyebab Tulang Belakang Sakit, Apakah Akibat Kelainan Tulang? - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Penyebab Tulang Belakang Sakit, Apakah Akibat Kelainan Tulang?

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Penyebab Tulang Belakang Sakit, Apakah Akibat Kelainan Tulang?
 Penyebab Tulang Belakang Sakit, Apakah Akibat Kelainan Tulang?
Penyebab tulang belakang sakit ada beragam, salah satunya adalah akibat kelainan pada tulang belakang itu sendiri. Kelainan tulang belakang adalah kondisi yang bisa mempengaruhi lengkungan tulang atau posisi susunan tulang belakang. Tulangbelakang sendiri memiliki peran sangat penting sebagai pelindung dan penopang sumsum tulangbelakang dan juga syaraf.

Apa saja penyebab tulang belakang sakit?

Beberapa kondisi atau bahkan cedera dapat  mempengaruhi kondisi tulangbelakang, sehingga menimbulkan rasa sakit dan juga menyebabkan kerusakan. Kelainan tulangbelakang umum terjadi, siapapun bisa mengalaminya. Berikut adalah jenis kelainan tulangbelakang yang bisa menjadi penyebab tulang belakang sakit.
Lordosis
Merupakan  kelainan tulangbelakang yang menyebabkan lengkungan berlebihan pada punggung bawah ke arah depan. Kondisi ini akan membuat bokong pnederitanya akan terlihat  lebih menonjol. Pada kondisi ini, tulangbelakang akan mendapatkan tekanan besar sehingga menyebabkan rasa nyeri. Kebanyakan kasus, kelainan ini sifatnya ringan yang artinya akan hilang dengan sendirinya. Untuk penanganannya, dokter akan berikan sesuai dengan kondisi pasien, usia, riwayat kesehatan, dan penyebabnya. Pilihan pengobatannya, meliputi terapi obat, fisioterapi, program diet, dan prosedur bedah.
Kifosis
Merupakan kelainan tulangbelakang yang membuat punggung bagian  atas menjadi melengkung ke depan secara berlebihan. Akibatnya, kondisi ini membuat tubuh seseorang  terlihat membungkuk. Kondisi ini bisa terjadi pada siapapun, namun paling seringnya menyerang para perempuan yang lebih tua. Jika normalnya, tulangbelakang memiliki lengkungan  antara dua puluh lima sampai empat puluh lima derajat. Namun, pada penderita kifosis lengkungannya bisa mencapai lima puluh derajat atau bahkan lebih. Untuk cara menanganinya, akan dilakukan berdasarkan tingkat keparahan. Beberapa penanganan yang mungkin akan dokter berikan, seperti  fisioterapi , penggunaan  penyangga punggung, pemberian obat hingga prosedur pembedahan.
Skoliosis
Adalah kelainan yang menyebabkan tulang belakang melengkung secara  berlebihan ke arah  samping, bisa membentuk huruf “S” atau “C”. Pada kasus berat, kondisi ini  bisa berisiko menyebabkan kelumpuhan dan mengganggu fungsi paru paru. Akibat dari lekukan tulangbelakang yang bisa mengurangi jumlah ruang pada bagian dada. Cara penanganannya,  akan bergantung pada tingkat keparahan, usia dan lengkungannya. Dokter kemungkinan akan melakukan observasi, melalui pemeriksaan rutin, menyarankan penggunaan penyanggah punggung dan prosedur bedah.
Spondilosis
Degenerasi tulangbelakang yang mempengaruhi sendi, bantalan tulang, dan tulangbelakang. Spondilosis bisa  mengganggu pergerakkan tulangbelakang dan mempengaruhi syaraf. Kemungkinan tinggi alami kondisi ini adalah orang- orang yang berusia lanjut, memiliki berat bada berlebih, gaya hidup yang tidak aktif, dan punya kebiasaan merokok. Tak hanya itu, seorang atlet atau seseorang yang sering olahraga dengan melibatkan tekanan berulang pada punggung bagian bawah juga berisiko. Misalnya pada olahraga angkat beban dan sepak bola.   Jika memiliki kelainan tulang belakang atau sering merasa nyeri pada bagian punggung yang semakin parah segera kosnultasi dengan dokter.  Kamu bisa melakukan konsultasi  dengan dokter ortopedi atau dokter ortopedi ahli spine agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online