Perhatikan Jenis-Jenis Nyeri Yang Berbahaya Bagi Tubuh Kamu! - Lamina Pain and Spine Center
preloader
Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Perhatikan Jenis-Jenis Nyeri Yang Berbahaya Bagi Tubuh Kamu!

  • Home
  • -
  • Blog
  • -
  • Perhatikan Jenis-Jenis Nyeri Yang Berbahaya Bagi Tubuh Kamu!
 Perhatikan Jenis-Jenis Nyeri Yang Berbahaya Bagi Tubuh Kamu!

Jenis-jenis nyeri ternyata memiliki beberapa gejala dan tanda yang berbeda, berdasarkan tingkat keparahan hingga lokasinya. Ada yang harus kamu perhatikan mengenai nyeri yang muncul, karena bisa jadi merupakan gejala penyakit yang berbahaya. Untuk itu, penting untuk memahami arti dari rasa nyeri yang muncul pada beberapa bagian tubuh. Selain untuk mengetahui penyakit tertentu. Nyeri juga penting kamu kenali untuk melakukan tindakan sejak dini, agar nyeri dapat tertangani dengan cepat dan tidak menyebabkan risiko penyakit berbahaya lainnya.

Jenis-jenis nyeri dan artinya

Ketika seseorang merasakan nyeri, artinya saraf sedang bekerja menyampaikan informasi ke otak bahwa ada sesuatu yang salah dengan beberapa bagian tubuhmu. Rasa nyeri ini meskipun umum namun sebenarnya cukup kompleks. Karena, nyeri yang dirasakan setiap orang berbeda ketika penyebab dan lokasinya berbeda. Untuk itu, beberapa pakar kesehatan membedakan rasa nyeri berdasarkan tingkat keparahannya, waktu, dan proses terjadinya. Seperti di bawah ini!

  • Nyeri akut

Jenis nyeri yang paling umum dan sering terjadi pada banyak orang merupakan nyeri akut. Nyeri ini datang dengan tiba-tiba, biasanya penyebabnya adalah karena adanya cedera atau kecelakaan. Biasanya, nyeri ini hanya akan berlangsung selama 6 bulan, dan dengan beberapa pengobatan dapat hilang seiring membaiknya masalah pada tulang, otot, bahkan saraf.

  • Nyeri kronis

Selanjutnya adalah nyeri yang bertahan lama bahkan hingga sampai 6 bulan. Nyeri ini merupakan rasa sakit berkelanjutan. Biasanya nyeri akut terjadi pada penderita kanker, penderita gangguan saraf, penderita radang sendi, hingga penyakit lainnya. Jika kamu mengalami penyakit dan menimbulkan rasa sakit yang berlangsung lama, segeralah untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

  • Nyeri neuropatik

Nyeri ini terjadi akibat adanya permasalahan atau gangguan pada sistem saraf. Sehingga, rasa sakit yang muncul biasanya menyerupai rasa sakit seperti tertusuk, terbakar yang menyengat. Selain itu, nueropatic pain juga biasanya memengaruhi gangguan pada saraf sensorik atau berkurangnya indera perasa.

  • Nyeri nosiseptif

Rasa sakit ini muncul ketika adanya masalah atau kerusakan pada jaringan tubuh, seperti sakit pada sendi, otot, atau jaringan kulit yang mengalami kecelakaan. Rasa sakit ini juga terbagi kembali menjadi dua berdasarkan lokasi terjadinya nyeri, yaitu viseral ketika nyeri terjadi pada organ dalam. Setelah itu somatik, ketika nyeri terjadi pada beberapa bagian luar tubuh yang dapat terlihat.

Baca juga: Klinik Nyeri Tulang Belakang Terbaik untuk Saraf Kejepit

Kapan harus konsultasi mengenai nyeri ke dokter?

Sebagian besar rasa sakit yang muncul biasanya merupakan respons normal dari tubuh untuk memberitahu kita bahwa ada sesuatu yang salah dari beberapa bagian tubuh, baik itu akibat cedera maupun munculnya penyakit. Pada umumnya, nyeri akut yang muncul akibat adanya kecelakaan seperti tergores, teriris, terjatuh, dan luka masih bisa terlihat. Maka, bisa dikatakan nyeri yang kamu alami bukan merupakan sesuatu yang berbahaya. Namun, jika kamu mengalami nyeri kronis dan penyebabnya tersebut tidak dapat terlihat atau tidak kamu ketahui, maka konsultasi sangat penting kamu lakukan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Biasanya, nyeri kronis yang muncul merupakan sebuah gejala penyakit yang harus segera tertangani.

Pengobatan nyeri di klinik lamina

Kamu bisa melakukan konsultasi mengenai nyeri yang kamu alami di klinik Lamina Pain and Spine Center dengan datang langsung ke klinik ataupun melalui layanan konsultasi online. Pemeriksaan pada keluhan nyeri biasanya dilakukan dengan pemeriksaan seperti MRI, CT scan, atau rontgen untuk mengetahui diagnosis pasti terhadap penyebab nyeri yang kamu alami.

Baca juga: 4 Kesalahan Penggunaan Korset Lumbal pada Penderita Saraf Kejepit

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe to our
Newsletter

***We Promise, no spam!

Lamina Pain and Spine Center merupakan One Stop Service untuk menangani nyeri dan masalah pada tulang belakang yang didukung oleh teknologi terkini

Operasional Klinik

Senin : 10:00 - 20:00
Selasa : 10:00 - 20:00
Rabu : 10:00 - 20:00
Kamis : 10:00 - 20:00
Jumat : 10:00 - 20:00
Sabtu : 10:00 - 20:00
Minggu : Tutup

©2020, Lamina Pain and Spine Center. All Rights Reserved.

    Daftar Online