Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
punggun belakang nyeri

Pinggang dan Punggung Belakang Nyeri Tanda Dari Kehamilan?

Punggung belakang nyeri atau back pain sering terkenal sebagai tanda dari kehamilan pada wanita. Meskipun banyak dari wanita hamil yang memang merasakan keluhan seperti nyeri pinggang atau nyeri punggung saat hamil. Namun, nyeri punggung bukanlah satu satunya pertanda bahwa kamu mengalami kehamilan. Sakit pinggang dan punggung sendiri merupakan permasalahan umum yang bisa menyerang siapa saja. Selain itu, penyebabnya pun bermacam-macam.

Baca juga: Kenapa Tulang Belakang Sakit? Mungkin Saja Karena Hal Ini

Penyebab punggung belakang nyeri

punggung belakang nyeri

back pain biasanya terjadi ketika bagian tulang belakang, termasuk pada bagian leher hingga tulang ekor mengalami kekakuan. Hal ini bisa terjadi ketika jaringan otot, saraf, pembuluh darah pada bagian vertebrae mengalami suatu permasalahan. Karena penyebabnya bermacam-macam, maka perlu memerlukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi pasti terhadap back pain yang kamu alami. Namun, ada beberapa penyebab umum dari terjadinya sakit pinggang/punggung, seperti:

  • Mengangkat beban yang terlalu berat

Selain itu, posisi tubuh yang salah ketika kamu melakukan aktivitas mengangkat beban berat, duduk, hingga berjalan dapat memicu nyeri punggung. Hal ini terjadi akibat dari terjadinya perubahan posisi pada saraf tulang belakang yang menyebabkan back pain. Selain itu, aktivitas ini juga akan menimbulkan risiko penyakit lainnya seperti saraf kejepit, skoliosis, dan lainnya.

  • Kelebihan berat badan

Saat berat badan bertambah, maka lemak yang berada di perut akan menumpuk. Hal ini membuat postur tubuh menjadi condong ke arah depan. Sehingga menyebabkan posisi punggung gampang mengalami cedera. Akibatnya, kamu akan mudah mengalami sakit punggung.

  • Kehamilan

Hampir semua wanita hamil biasanya akan mengalami gejala back pain hingga sakit pinggang. Hal ini terjadi akibat dari rahim yang terus membesar sehingga menyebabkan tekanan pada pembuluh darah dan saraf yang berada di sekitar punggung.

Jadi, benarkah menjadi tanda kehamilan?

Pada umumnya, back pain pada ibu hamil muncul di saat trisemester kedua atau ketiga atau ketika rahim sudah membesar dan berat badan bertambah. Namun, pada beberapa kasus banyak pula wanita yang megalami sakit punggung pada awal kehamilan mudanya. Hal ini terjadi akibat hormon kehamilan dalam tubuh yang membuat ligament pada tulang belakang meregang sehingga menyebabkan nyeri punggung. Selain sebagai tanda kehamilan awal, nyeri punggung juga menjadi tanda dari wanita ketika akan haid, terlalu lelah dan stress. Selain itu, nyeri punggung yang disertai dengan mual, pusing, terlambat mensturasi, perubahan payudara, dan perubahan suasana hati, kemungkinan besar sebagai pertanda kehamilan.

Baca juga: Menderita Nyeri Pinggang Belakang 10 Tahun Sembuh! Ini Solusinya!

Harus melakukan pemeriksaan

Meskipun begitu, untuk mengetahui gejala yang pasti sebaiknya dilakukan pemeriksaan. Karena selain dari tanda kehamilan, back pain juga bisa merupakan tanda dari penyakit berbahaya lainnya yang harus segera ditangani. Kamu juga harus waspada jika nyeri punggung sering muncul disertai dengan kekauan hebat yang membuatmu tidak bisa bergerak. Segeralah untuk melakukan pemeriksaan di Klinik yang fokus menangani nyeri dan tulang belakang yaitu Lamina Pain and Spine Center. Kamu bisa melakukan konsultasi langsung atau melalui layanan konsultasi online.

Artikel Terkait