Nyeri Lutut, Ini Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan untuk Memulihkannya

JAKARTA — Nyeri lutut adalah salah satu nyeri yang sangat mengganggu. Pasalnya pasti akan mengganggu aktivitas dan mobilitas penderitanya. Untungnya untuk tindakan, di Klinik Lamina Pain and Spine Center tidak membutuhkan waktu lama.

Dengan berbagai alternatif yang mengutamakan tindakan minimal invasif pasien jadi tak perlu rawat inap dan bisa dilakukan dalam waktu beberapa jam saja.

Kerja sama pasien juga sangat dibutuhkan. Misalnya saja usai tindakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu pemulihan nyeri lutut, terlepas itu karena cedera atau radang sendi yang sebelumnya telah dialami selama bertahun-tahun. Ikuti beberapa cara berikut.

CUKUP ISTIRAHAT

Istirahat yang baik bukan yang berlebihan, tapi yang cukup. Istirahat yang terlalu banyak malah akan melemahkan otot dan akan membuat nyeri semakin dalam.

Akan lebih baik untuk berusaha bergerak dengan program latihan yang dinilai aman untuk lutut Anda dan terus lakukan. Konsultasikan dengan dokter tentang gerakan yang aman dan berapa kuantitas yang diperlukan dan bisa Anda lakukan.

BEROLAHRAGALAH

Latihan kardio akan menguatkan otot yang menopang lutut Anda, sekaligus akan meningkatkan kelenturan. Demikian pula angkat beban dan peregangan.
Untuk latihan kardio Anda bisa mencoba beberapa yang aman seperti berjalan, berenang, beberapa aerobik air lainnya, latihan dengan alat seperti misalnya sepeda statis.

JANGAN AMBIL RISIKO JATUH

Lutut yang nyeri dan tak stabil bisa jadi sebab Anda jatuh lagi yang menimbulkan masalah lutut lebih besar. Pastikan tempat tinggal dan beraktivitas sudah dilengkapi dengan pengaman, seperti misalnya pegangan di tangga, lapisan lantai agar tak licin, tangga yang nyaman untuk bergerak dan sebagainya.

LAKUKAN RICE

RICE adalah singkatan rest, ice, compression dan elevation. Atau istirahat, (kompres) es, dan elevasi atau meletakkan area cedera lebih tinggi dari jantung. RICE sangat baik untuk nyeri lutut yang disebabkan oleh cedera minor atau pada nyeri menyengat pada arthritis.
Istirahatkan lutut Anda, kompres dengan es atau air dingin untuk mengurangi pembengkakan, gunakan balutan kompres dan pastikan posisi lutut lebih tinggi dari jantung.

PERHATIKAN BERAT BADAN

Jika Anda kelebihan berat badan, menguranginya akan juga membantu meringankan beban yang ditopang oleh lutut. Anda tak harus bersegera mencapai berat ideal saat cedera. Ingatkan, perubahan kecil saja akan membawa perbedaan besar.

JANGAN MALU MENGGUNAKAN ALAT BANTU

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa bergerak juga bisa membantu proses penyembuhan. Jadi jangan menyerah dulu. Termasuk jika harus menggunakan alat bantu seperti tongkat penyangg, kursi roda, dan sebagainya.

Jangan punya perasaan berlebih seperti malu, terlalu khawatir orang lain terlalu memperhatikan Anda. Fokus saja pada kesehatan Anda sendiri dan bagaimana Anda ingin segera pulih.

PILIH SEPATU YANG TEPAT

Sol yang empuk akan mengurangi stres pada lutut Anda. Untuk osteoartritis lutut, dokter biasanya menyarankan sol khusus yang Anda letakkan di sepatu Anda. untuk mencari sol yang dapat tepat, bicarakan bersama dokter Anda. (***)

RS Meilia, Lantai 7, Jl. Alternatif Cibubur KM1, Cimanggis, Depok, Jawa Barat 16454

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2867-8888

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now