Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Jangan Konsumsi Pantangan Makanan Ini Ketika Alami Syaraf Kejepit!

Sakit Saraf Kejepit? Kenali 3 Pengobatan Mulai dari Terapi Hingga Korset!

Sakit saraf kejepit atau HNP merupakan masalah yang berkaitan dengan tulang belakang dan saraf di area tersebut. Umumnya, penyakit saraf kejepit ini terjadi akibat adanya bantalan tulang belakang yang menonjol ke luar. Sehingga, menekan saraf di sekitar area tersebut. Mengutip dari Mayo Clinic (2022) menyebutkan bahwa kebanyakan kasus saraf kejepit ini biasanya terjadi di area lower back atau tulang belakang bagian bawah, seperti pinggang yang ditandai dengan rasa nyeri dan kekakuan di area kaki. Meskipun begitu, saraf kejepit ini pada beberapa orang terkadang tak menimbulkan gejala apapun. Namun, bisa memburuk seiring berjalannya waktu sehingga pengobatan medis perlu segera penderita lakukan. 

Gejala yang muncul dari sakit saraf kejepit 

Sakit Saraf Kejepit? Kenali 3 Pengobatan Mulai dari Terapi Hingga Korset!

Meskipun saraf kejepit ini banyak terjadi di area punggung bawah, namun ternyata sakit saraf kejepit ini juga bisa terjadi di area bagian leher. Di mana rasa nyeri biasanya merambat ke area tangan. Meskipun, gejala yang muncul pada saraf kejepit ini berbeda-beda sesuai dengan lokasinya, namun penderita masih bisa mendeteksinya dengan memerhatikan beberapa gejala utama yang muncul, seperti: 

  • Nyeri lengan atau kaki

Jika saraf kejepit atau HNP terjadi di area punggung, maka nyeri biasanya menjalar di area paha hingga kaki. Berbeda dengan saraf kejepit yang terjadi di area leher biasanya akan menimbulkan rasa nyeri di area bahu hingga lengan. Biasanya, nyeri akibat saraf kejepit lebih tajam daripada nyeri biasanya dan akan memburuk ketika penderita batuk, bersin, atau melakukan gerakan tertentu. 

  • Kaku dan kesemutan 

Beberapa penderita HNP biasanya akan mengalami kaku pada beberapa bagian tubuh, seperti bahu dan lengan jika HNP terjadi di leher. Lalu, kaku dan kesemutan biasanya terjadi di tulang belakang. Maka, kaku dan kesemutan biasanya akan muncul di area paha hingga kaki. 

  • Kelemahan otot 

Ketika bagian saraf terjepit oleh bantalan tulang, maka beberapa bagian tubuh yang dilewati atau terhubung dengan saraf tersebut biasanya akan melemah. Misalnya, jika saraf kejepit terjadi di area pinggang, tepatnya di area saraf sciatica. Maka, organ tubuh seperti paha hingga kaki yang terhubung dengan saraf tersebut umumnya akan menyebabkan melemahnya otot di area kaki. 

3 jenis pengobatan untuk saraf kejepit 

Berdasarkan tingkat keparahannya, jenis pengobatan pada saraf terjepit ini terbagi menjadi dua, seperti: 

  • Menggunakan korset lumbal 

Korset lumbal merupakan korset yang memiliki desain khusus untuk menopang tubuh, terutama di area lumbal atau tulang bagian bawah. Penggunaan korset jenis ini biasanya untuk para pasien yang mengalami gejaal saraf kejepit ringan, sehingga tidak memerlukan tindakan. Namun, korset juga bisa digunakan untuk para pasien yang sudah menjalankan operasi saraf kejepit. Lama pemakaian, jenis korset, dan lainnya tidak boleh penderitanya gunakan sembarangan. Sehingga, memerlukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter ahli. 

  • Fisioterapi 

Serangkaian rehabilitasi gerakan dan terapi tertentu yang bertujuan untuk memulihkan gerak tubuh, mengurangi rasa nyeri, dan mengatasi berbagai masalah tulang, salah satunya saraf kejepit. Fisioterapi juga bisa menjadi pengobatan pada penderita saraf kejepit ringan. Namun, sebelum melakukan fisioterapi, konsultasi dan pemeriksaan juga tetap harus pasien lakukan. 

  • Tindakan endosokopi 

Selanjutnya, pada saraf kejepit yang sudah memburuk. Maka, pengobatan biasanya harus pasien lakukan dengan tindakan operasi. Namun, di klinik Lamina Pain and Spine Center, tindakan endoskopi tulang belakang untuk mengatasi saraf kejepit ini bisa menjadi salah satu pilihan. Karena, tindakan di klinik Lamina ini minim nyeri, minim risiko, dan tanpa rawat inap.

Baca juga: Pengobatan Selain Operasi untuk Mengatasi Saraf Kejepit

Tempat melakukan pengobatan saraf kejepit 

Lamina Pain and Spine Center ini bisa menjadi pilihan bagi para penderita saraf kejepit. Menjadi tempat yang memiliki layanan terlengkap atau One Stop Service untuk pengobatan tulang belakang termasuk saraf kejepit, Lamina menjadi klinik terbaik se Asia Tenggara. Jadi, tak perlu ke luar negeri untuk mengobati saraf kejepit yang memiliki layanan lengkap dengan tenaga medis dan dokter terbaik. Cukup datang dan konsultasi di klinik Lamina Pain and Spine Center saja!

 

Baca juga: Awas, Sering Kesemutan Bisa Jadi Gejala Saraf Terjepit

Artikel Terkait