Sakit Tulang Belikat

Sakit Tulang Belikat

Scapula adalah nama teknis untuk Sakit Tulang Belikat. Ini adalah tulang, datar segitiga yang terletak di belakang tulang rusuk bagian atas. Permukaan belakang dapat dirasakan di bawah kulit. Ini berfungsi sebagai lampiran untuk beberapa otot dan tendon pada lengan, leher, dada dan punggung dan membantu dalam pergerakan lengan dan bahu. Hal ini juga diisi dengan otot sehingga kuat diperlukan untuk fraktur itu.

Permukaan belakang tulang belikat masing dibagi menjadi bagian yang tidak sama dengan tulang belakang. Permukaan skapula terbagi menjadi dua jenis, permukaan anterior dan permukaan posterior. Permukaan anterior atau kostral disebut juga fosa subs-kapularis dan terletak paling dekat dengan iga.

Sementara permukaan posterior atau dorsal terbagi oleh sebuah belebas yang disebut spina dari skapula dan yang berjalan menyeberangi permukaan itu sampai ujungnya dan berakhir menjadi proseus akromium dan proseus akromium itu menutupi sendi bahu.   Sakit pada tulang belikat bisa disebabkan karena :

  1. Trauma
  2. Patah tulang belikat
  3. Nyeri otot.
  4. Gangguan pada tulang belakang bagian cervikal (leher).
  5. Artritis (radang sendi)
  6. Osteoporosis
  7. Cedera otot
  8. Serangan jantung yang menjalar
  9. Stress berlebih
  10. Postur tubuh yang jelek
  11. Skoliosis, dan lain-lain.

Penyebab Sakit Tulang Belikat

Untuk mengetahui penyebabnya Anda memerlukan pemeriksaan fisik oleh dokter secara langsung. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes medis seperti EMG, Rontgen, dll jika diperlukan untuk mengetahui kondisi Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan :

  1. Kompres hangat bagian yang nyeri.
  2. Minum obat pereda nyeri
  3. Melakukan stretching otot punggung
  4. Melatih postur tubuh yang sehat.
  5. Mengistirahatkan tangan pada bagian yang terasa nyeri.

Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri, jangan berhenti untuk memberikan dukungan, karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien. Jangan ragu untuk mengonsultasikan nyeri Anda bersama Klinik Nyeri dan Tulang Belakang. Anda bisa menghubungi kami lebih lanjut melalui Whatsapp atau melalui telepon di nomer 021-7919-6999.

 

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS DENGAN DOKTER WAWAN DAN TIM (082123977262)

Tinggalkan Balasan

Jalan Warung Jati Barat No.34, Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now

Call 02179196999