Sakit Tulang Belikat

Sakit Tulang Belikat

Sakit Tulang Belikat – Scapula adalah nama teknis untuk tulang belikat. Ini adalah tulang, datar segitiga yang terletak di belakang tulang rusuk bagian atas. Permukaan belakang dapat dirasakan di bawah kulit. Ini berfungsi sebagai lampiran untuk beberapa otot dan tendon pada lengan, leher, dada dan punggung dan membantu dalam pergerakan lengan dan bahu. Hal ini juga diisi dengan otot sehingga kuat diperlukan untuk fraktur itu.

Sakit Tulang Belikat

Sakit Tulang Belikat

Permukaan belakang tulang belikat masing dibagi menjadi bagian yang tidak sama dengan tulang belakang. Permukaan skapula terbagi menjadi dua jenis, permukaan anterior dan permukaan posterior. Permukaan anterior atau kostral disebut juga fosa subs-kapularis dan terletak paling dekat dengan iga.

Kondisi Medis Lain Penyebab Sakit Tulang Belikat

Selain disebabkan otot yang mengalami penegangan hingga cidera punggung. Sakit pada tulang belikat dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan lain, seperti contoh:

  • Diseksi aorta
    Diseksi aorta terjadi saat pembuluh darah yang menuju ke jantung robek atau menyebabkan rasa sakit yang sangat menusuk pada bagian belakang punggung. Hal ini sering terjadi pada pria dengan kisaran usia 60–70 tahun.
  • Emboli paru
    Emboli paru merupakan kondisi kesehatan yang terjadi ketika pembuluh darah besar di paru mengalami penyumbatan. Sumbatan ini selanjutnya dapat di karena gumpalan darah pada tungkai yang terlepas dan terbawa hingga bagian paru-paru. Pada sekian banyak kasus, penderita akan merasakan rasa sakit yang sangat menusuk pada tulang belikat ketika penyumbatan terjadi.
  • Patah tulang belikat
    Patah tulang belikat dapat terjadi karena cidera atau terjatuh, kecelakaan kendaraan, hingga trauma. Ketika tulang belikat retak atau patah, pasien akan merasakan nyeri, hingga bengkak di sekitar scapula. Pasien dapat juga ditandai dengan ketidak mampuan mengangkat lengan di sisi tulang belikat yang fraktur atau patah.

Selain disebabkan tiga kondisi kesehatan di atas, sakit tulang belakang dapat dipengaruhi oleh beberapa kondisi medis lainnya. Contoh skoliosis, fibromyalgia, osteoarthritis, batu empedu, spinal stenosis, kanker paru-paru, kanker hati, kanker darah, hingga kanker kerongkongan.

Baca Juga : Pengobatan Syaraf Terjepit di Leher

Sementara permukaan posterior atau dorsal terbagi oleh sebuah belebas yang disebut spina dari skapula dan yang berjalan menyeberangi permukaan itu sampai ujungnya dan berakhir menjadi proseus akromium dan proseus akromium itu menutupi sendi bahu. Sakit pada tulang belikat bisa disebabkan karena:

  1. Trauma
  2. Patah tulang belikat
  3. Nyeri otot.
  4. Gangguan pada tulang belakang bagian cervikal (leher).
  5. Artritis (radang sendi)
  6. Osteoporosis
  7. Cedera otot
  8. Serangan jantung yang menjalar
  9. Stress berlebih
  10. Postur tubuh yang jelek
  11. Skoliosis, dan lain-lain.

Penyebab Sakit Tulang Belikat

Sakit Tulang Belikat

Untuk mengetahui penyebabnya Anda memerlukan pemeriksaan fisik oleh dokter secara langsung. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes medis seperti EMG, Rontgen, dll jika diperlukan untuk mengetahui kondisi Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan :

  1. Kompres hangat bagian yang nyeri.
  2. Minum obat pereda nyeri
  3. Melakukan stretching otot punggung
  4. Melatih postur tubuh yang sehat.
  5. Mengistirahatkan tangan pada bagian yang terasa nyeri.

Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri, jangan berhenti untuk memberikan dukungan, karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien. Jangan ragu untuk mengonsultasikan nyeri Anda bersama Klinik Nyeri dan Tulang Belakang. Anda bisa menghubungi kami lebih lanjut melalui Whatsapp atau melalui telepon di nomer 021-7919-6999.

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS DENGAN DOKTER DAN TIM (082123977262)

Kapan Berkonsultasi dengan Dokter?

Saat nyeri yang dirasakan terasa hebat dan sanggat mengganggu, atau tidak kunjung hilang. Anda sangat dianjurkan untuk memeriksanya ke dokter keluarga atau terdekat dengan lingkungan Anda. Dapat juga berkunjung ke Klinik Lamina Pain and Spine Center. Segera konsultasikan ke dokter saat nyeri tulang belikat disertai beberapa gejala sebagai berikut:

  1. Nyeri pada dada disertai sesak napas.
  2. Keringat berlebihan dan demam terutama pada malam hari.
  3. Kaki dengan nyeri dan disertai pembengkakan.
  4. Batuk berdarah diikuti penglihatan yang terganggu.
  5. Detak jantung tidak konstan diikuti kesulitan berkata-kata.
  6. Kelumpuhan pada sebagian anggota badan.
  7. Kesadaran yang mengalami penurunan.

Terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit tulang belikat bergantung pada penyebab dan tingkat keparahan penyakitnya. Masa penyembuhan juga bergantung pada kondisi penyakit dan akan berbeda pada setiap individu.

Jika rasa sakit pada tulang belikat disertai dengan beberapa gejala di atas. Tidak menutup kemungkinan rasa sakit itu muncul sebagai gejala dari kondisi kesehatan serius. Segera konsultasikan diri Anda ke dokter, semakin cepat kondisi ini ditangani, peluang untuk sembuh dan kembali normal akan lebih besar.

Terakhir diperbarui: 03 Maret 2020
Ditinjau oleh: dr Mahdian Nur Nasution SpBS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Warung Jati Barat No.34, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Sekarang