terapi minimal invasif patah tulang

Sangat Efektif! Terapi Minimal Invasif untuk Mengatasi Patah Tulang Belakang

Selain operasi, terapi minimal invasif menjadi pilihan dan solusi terbaik untuk penanganan patah tulang belakang. Patah tulang belakang biasanya terjadi pada orang tua atau lansia akibat pengeroposan tulang (osteoporosis). Kondisi ini bisa menimbulkan gejala mulai dari ringan sampai berat, dan seringkali muncul nyeri hebat sehingga mengganggu aktivitas.

Tentunya, hal tersebut dapat menurunkan kualitas hidup dan menyebabkan rasa tidak nyaman, khususnya pada area tulang belakang. Lantas, seperti apa pengobatan fraktur vertebra tanpa operasi? Ini penjelasan dokter.

Mengetahui Apa Itu Patah Tulang Belakang

terapi minimal invasif patah tulang belakang

Patah tulang belakang merupakan suatu kondisi ketika tulang belakang mengalami patah atau fraktur. Kondisi tersebut harus mendapatkan perhatian serius karena termasuk jenis patah tulang yang cukup parah dari patah tulang lainnya. Hal ini bisa berakibat pada trauma saraf tulang belakang dan terganggunya fungsi tubuh yang akan berdampak pada penurunan indera peraba (sensorik), melemahnya otot dan sistem gerak (motorik).

Umumnya, fraktur vertebra paling sering terjadi di bagian punggung (thoracal) maupun pinggang (lumbal) dan lebih berisiko pada wanita lansia yang telah menopause.

Penyebabnya pun beragam, antara lain karena:

• Trauma akibat kecelakaan, olahraga, terjatuh atau tindak kekerasan
  • Osteoporosis atau pengeroposan tulang
  • Tumor di tulang belakang
  • Kanker yang mengganas dan menyebar ke tulang belakang

Setelah mengetahui penyebabnya, sangat penting untuk lebih waspada dan perhatikan faktor risikonya, sehingga Anda dapat melakukan pencegahan sejak dini.

Baca juga: Awas, Patah Tulang Belakang Bisa Sebabkan Kelumpuhan!

Gejala yang Harus Diperhatikan

Jenis fraktur tulang belakang yang masih tergolong ringan, yakni fraktur kompresi. Fraktur kompresi biasanya disebabkan oleh osteoporosis, tumor, atau kelainan pada tulang belakang. Pada kondisi ini, tulang belakang bagian depan patah, sedangkan bagian belakang tetap stabil dan berada dalam posisi normal.

Gejalanya berbeda pada setiap orang tergantung tingkat keparahan dan lokasi spesifik fraktur kompresi. Namun, ada beberapa gejala umum yang sering dialami, antara lain:

• Nyeri punggung hebat, terutama saat bergerak
  • Timbul pembengkakan di lokasi fraktur
  • Deformitas atau perubahan bentuk pada tulang belakang, seperti lebih melengkung
  • Otot punggung terasa kaku
  • Mengalami kesulitan berjalan

Terapi Minimal Invasif Efektif Atasi Patah Tulang Belakang

Jika Anda memiliki keluhan patah tulang belakang, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis penyakit yang tepat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan radiologi, seperti Rontgen, CT-scan, atau MRI. Tatalaksana yang diberikan tergantung dari hasil diagnosa dan gejala yang pasien alami.

Untuk kondisi fraktur yang tergolong parah, maka Anda bisa memilih kyphoplasty sebagai terapi minimal invasif yang lebih kecil risikonya.

Kyphoplasty atau baloon kyphoplasty merupakan prosedur minimal invasif yang digunakan untuk mengatasi fraktur kompresi tulang belakang, baik penuh maupun parsial. Dokter akan memberikan bius lokal dengan posisi pasien berbaring telungkup di meja operasi. Setelah obat bius bekerja, dokter akan mulai membuat insisi (sayatan) kecil dan memasukkan jarum dengan balon ke bagian tulang yang patah.

Balon akan dikembangkan untuk menciptakan ruang di area fraktur, kemudian dokter akan mengempiskan dan mengeluarkan balon guna mempertahankan posisi tulang belakang. Selanjutnya, dokter akan menyuntikkan semen khusus ke bagian yang fraktur dan semen langsung mengeras sehingga hasil operasi langsung terasa.

Kyphoplasty bersifat aman dan efektif, waktu tindakan lebih cepat, tanpa rawat inap dan proses penyembuhan lebih cepat. Prosedur ini juga dapat mengurangi nyeri akibat fraktur pada orang tua atau lansia sehingga dapat kembali melakukan aktivitasnya seperti biasa. Dengan tulang belakang yang lebih kuat, Anda akan merasakan hidup yang lebih nyaman dan lebih berkualitas.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, hubungi Assistance Center Lamina di nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp di 0811-1443-599. Anda juga dapat melakukan telekonsultasi langsung dengan dokter kami jika terkendala jarak untuk memudahkan konsultasi.

Yuk, atasi nyeri tulang belakang dengan cepat dan tepat hanya di Lamina Pain and Spine Center!