Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
Skoliosis Adalah Penyebab Postur Tak Menarik, Waspadai Gejalanya!

Skoliosis Adalah Penyebab Postur Tak Menarik, Waspadai Gejalanya!

Skoliosis adalah gangguan tulang belakang yang membuat para penderitanya memilki bentuk punggung yang cenderung bengkok atau berbentuk “S” atau “C”. Postur tubuh seperti ini biasanya dapat memengaruhi tingkat kepercayaan diri penderitanya. Selain itu, ternyata skoliosis atau masalah tulang belakang ini juga dapat menyebabkan. Mengutip dari Mayo Clinic (2021) menyebutkan bahwa biasanya kasus ini terjadi sejak masa anak-anak, dan bisa memburuk seiring waktu ketika sudah dewasa. Simak selengkapnya untuk mengetahui gejala yang muncul, penyebab, hingga pengobatannya!

Skoliosis adalah gangguan kesehatan umum

Skoliosis adalah

Gangguan tulang belakang, skoliosis ini adalah kondisi ini cukup banyak terjadi pada anak remaja dan dewasa. Pada kebanyakan kasus, skoliosis ini terjadi akibat pola duduk yang salah dalam waktu yang lama. Hal ini, biasanya menyebabkan struktur tulang belakang menjadi bergeser. Meskipun begitu, para pakar kesehatan belum dapat mengetahui penyebab pasti pada gangguan tulang belakang jenis. Namun, ada beberapa penyebab yang kurang umum pada masalah ini, yaitu:

  • Adanya cedera pada tulang belakang
  • Pengapuran pada bantalan sendi atau tulang
  • Faktor keturunan
  • Adanya gangguan saraf dan otot

Mengutip dari Mayo Clinic (2021) menyebutkan bahwa skoliosis biasanya bisa diperiksa menggunakan X-Ray. Pemeriksaan ini biasanya dokter lakukan menggunakan alat X-Rays. Dalam beberapa kasus, skoliosis biasanya tidak memerlukan pengobatan seperti operasi atau tindakan. Meskipun begitu, pengobatan menggunakan penopang atau fisioterapi tetap harus penderitanya lakukan agar dapat memperbaiki postur tubuh seperti semula.

Gejala yang muncul sejak dini

Tanda atau gejala yang muncul pada tahap awal skoliosis biasanya berbeda dengan gejala yang muncul pada skoliosis tingkat yang sudah memburuk. Namun, pada umumnya gangguan tulang ini dapat penderitanya ketahui, dengan memerhatikan gejala yang muncul seperti:

  • Tubuh atau bahu lebih condong ke salah satu sisi
  • Perhatikan tulang belikat, biasanya salah satu tulang belikat lebih menonjol
  • Pinggang tidak rata atau condong ke salah satu sisi

Risiko komplikasi

Pada beberapa kasus skoliosis yang sudah memburuk biasanya dapat menyebabkan masalah ini berkembang menjadi penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa komplikasi, seperti:

  • Gangguan masalah pernapasan
  • Muncul masalah punggung
  • Adanya nyeri punggung kronis pada penderitanya
  • Perubahan postur yang bisa terlihat pada bahu.

Baca juga: 4 Cara untuk Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat

Pengobatan dan perbaikan postur

Untuk mengembalikan postur tubuh agar menjadi lebih menarik kembali, maka kamu bisa melakukan pengobatan dengan terapi dan penggunakan brace. Kedua pengobatan medis ini cukup efektif untuk mengembalikan postur tubuh normal. Sehingga, kamu bisa menjadi lebih percaya diri. Untuk melakukan terapi dan pemeriksaan terhadap masalah skoliosis, kamu bisa datang ke klinik Lamina Pain and Spine Center.

Baca juga: Ini Penyebab Nyeri Bahu Setelah Melakukan Vaksinasi COVID-19!

Artikel Terkait