Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
tbc tulang belakang - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Gejala TBC Tulang Belakang dan Penanganannya dengan Kyphoplasty

Tuberkulosis (TBC) adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Meskipun penyakit ini biasanya sering menyerang infeksi paru-paru, TBC juga dapat menyerang bagian tubuh lain, termasuk tulang belakang. Tuberkulosis tulang belakang, atau spondilitis tuberkulosis, merupakan bentuk yang jarang terjadi namun harus segera mendapatkan pengobatan yang tepat agar tidak menkimbulkan risiko komplikasi yang berbahaya. 

Di antara jenis TBC tulang belakang, tuberkulosis toraks (48,03%) dan tuberkulosis lumbal (42,36%) adalah yang paling umum terjadi. 

Gejala TBC Tulang Belakang

tbc tulang belakang - Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Gejala tuberkulosis tulang belakang berikut ini sebaiknya Anda waspadai:

  • Nyeri punggung yang parah, terutama saat malam hari.
  • Pembengkakan atau tonjolan di sekitar area tulang belakang yang terinfeksi.
  • Kelemahan atau kehilangan fungsi di daerah yang terkena infeksi.
  • Mungkin demam, berat badan turun, dan gejala umum tuberkulosis lainnya.

Penyebab TBC Tulang Belakang

Tuberkulosis tulang belakang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyebar dari bagian tubuh lain melalui aliran darah atau sistem limfatik. Bakteri ini menyebar ke tulang belakang, menyebabkan peradangan dan kerusakan pada tulang dan jaringan sekitarnya.

Penanganan TBC Tulang dengan Kyphoplasty

Kyphoplasty adalah prosedur bedah minimal invasif yang berfungsi untuk mengatasi kyphosis (kelainan tulang belakang yang melengkung) akibat TBC tulang. Prosedur ini juga dapat digunakan dalam kasus fraktur tulang belakang (vertebral compression fracture) akibat osteoporosis atau cedera.

Prosedur Kyphoplasty

Cara kerja kyphoplasty atau balloon kyphoplasty yaitu dengan memasukkan jarum khusus melalui kulit dan otot di sekitar tulang yang terkena. Dengan bantuan alat X-Ray fluoroskopi, dokter dapat melihat lebih jelas tulang belakang yang terkena infeksi. Setelah jarum masuk, dokter akan mengembangkan balon khusus untuk membuat ruang di tulang belakang. Selanjutnya, dokter akan mengisi tulang dengan semen khusus dan mengembalikan tulang ke posisi semula. 

Dengan kyphoplasty, rasa nyeri berkurang, proses pemulihan lebih cepat, dan risiko komplikasi lebih rendah. 

Apabila Anda memiliki keluhan, sebaiknya jangan tunda pengobatan. Segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli di Lamina Pain and Spine Center untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan dengan kyphoplasty sesuai kondisi medis Anda.  

Untuk membuat janji konsultasi, silakan menghubungi tim Assistance Center Lamina di nomor 021-7919-6999 atau chat melalui whatsapp di 0811 1443 599.

Baca juga: Spondilitis Tuberkulosis: Penyebab, Gejala dan Penanganannya

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu TBC Tulang Belakang?

Tuberkulosis (TBC) adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Meskipun penyakit ini biasanya sering menyerang infeksi paru-paru, TBC juga dapat menyerang bagian tubuh lain, termasuk tulang belakang.

Apa Gejala TBC Tulang Belakang?

1. Nyeri punggung yang parah, terutama saat malam hari. 2. Pembengkakan atau tonjolan di sekitar area tulang belakang yang terinfeksi. 3. Kelemahan atau kehilangan fungsi di daerah yang terkena infeksi. 4. Mungkin demam, berat badan turun, dan gejala umum tuberkulosis lainnya.

Apa Penyebab TBC Tulang Belakang?

Tuberkulosis tulang belakang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyebar dari bagian tubuh lain melalui aliran darah atau sistem limfatik. Bakteri ini menyebar ke tulang belakang, menyebabkan peradangan dan kerusakan pada tulang dan jaringan sekitarnya.

Artikel Terkait