Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center

Telapak Kaki Sakit, Tanda Munculnya Penyakit

Telapak kaki sakit bisa  mengganggu aktivitas penderitanya. Meskipun terlihat sederhana, tapi jangan sampai dipandang sebelah mata karena bisa menjadi adanya gangguan kesehatan yang serius.  Terutama jika keluhan ini sering terjadi ataupun berulang. 

Kondisi ini bisa menyerang pada bagian tertentu misalnya, tumit, jari, hingga pergelangan kaki. Namun, bisa  juga terjadi pada seluruh permukaan kaki. Munculnya keluhan ini bisa pada satu bagian ataupun pada kedua bagian kaki. 

Apa yang menjadi penyebab telapak kaki sakit?

1. Kapalan 

Kapalan terjadi ketika lapisan kulit pada bagian kaki mengalami penebalan. Kondisi ini muncul berupa benjolan keras yang merupakan mekanisme kulit untuk melindungi diri dari gesekan ataupun tekanan. Munculnya kapalan ini bisa menyebabkan munculnya nyeri, terutama saat berjalan ataupun tertekan. 

2. Metatarsalgia

Munculnya rasa perih ataupun nyeri pada bagian depan kaki. Kondisi ini umumnya muncul pada orang-orang yang memiliki berat tubuh berlebih atau obesitas. Selain itu, kebiasaan olahraga berat tanpa menggunakan sepatu yang pas juga bisa menjadi munculnya kondisi ini . Pada banyak kasus, metatarsalgia dapat sembuh dengan obat pereda nyeri, kompres air dingin maupun istirahat. 

3. Bunion 

Bunion adalah kondisi munculnya benjolan tulang pada sendi pada jempol kaki. Biasanya penderita akan mengalami nyeri dan juga muncul kemerahan pada area tersebut. Pada kondisi ini, area tersebut akan menekan jari lainnya sehingga telapak kaki terasa nyeri. Munculnya kondisi ini adalah akibat seringnya penggunaan sepatu yang sempit, maupun radang sendi kaki. 

4. Keseleo dan tegang otot 

Keseleo dan tegang otot juga bisa menjadi penyebab dari kondisi ini. Cedera ini umumnya terjadi akibat kecelakaan saat berolahraga ataupun akibat terkilir saat beraktivitas. 

5. Penyakit asam urat 

Penyakit asam urat terjadi akibat penumpukan kristal asam urat pada sendi dan mengakibatkan pembengkakan, merah dan juga rasa hangat. Rasa nyeri yang muncul karena asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba hingga mengakibatkan penderita mengalami kesulitan berjalan. 

Untuk meminimalisir terjadinya nyeri dan juga pembengkakan akibat asam urat, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat sesuai dengan keluhan. 

6. Neuropati perifer 

Neuropati perifer  terjadi akibat adanya kerusakan pada sistem saraf tepi atau perifer. Penyakit ini, biasanya menimbulkan berbagai gejala pada kaki dan juga tangan, seperti terasa lemas, nyeri, kesemutan, mati rasa hingga mengalami kesulitan untuk bergerak.

Neuropati perifer bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari kekurangan vitamin B, cedera infeksi, faktor keturunan, kelainan fungsi pada ginjal ataupun hati, hingga penyakit khusus seperti diabetes ataupun autoimun. 

 

Nah, itulah beberapa penyebab seringnya terjadi nyeri pada telapak kaki. Jika kamu merasakan keluhan  dan sudah berhari-hari tidak kunjung mereda, segera periksakan diri ke dokter agar bisa mendapat penanganan yang tepat.

Artikel Terkait