Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Tips Menu Makanan Sehat yg Ampuh Meringankan Sakit Pinggang

Saat sakit pinggang, kebanyakan orang langsung berpikir untuk mengkonsumsi obat. Pada hal dengan mengkonsumsi menu makanan sehat tepat dapat Meringankan Sakit Pinggang dan peradangan otot :.

Berikut adalah Tips Menu Makanan Sehat yg Ampuh Meringankan Sakit Pinggang :

 

1. Buah Anggur

Merah Buah anggur merah mengandung resveratrol, senyawa yang menghalangi jaringan mengalami degenerasi. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitia di Rush Univesity Medical Center di Chicago. Resveratrol melindungi tulang rawan dari kerusakan yang menyebabkan nyeri punggung. Selain buahnya, Anda pun bisa mendapatkan manfaat saat anggur sudah menjadi minuman berupa wine.

2. Jahe Di Indonesia

jahe masuk dalam golongan bumbu dapur, walau demikian para leluhur negeri ini sudah sejak lama memanfaatkan jahe untuk kesehatan, seperti dibuat jamu. Berdasarkan penelitian di Miami University, ekstrak jahe terbukti dapat menjadi obat penghilang rasa sakit yang efektif. Cukup meminum dua hingga tiga sendok perasan air jahe akan mengurangi rasa nyeri. Anda juga bisa memasukkannya kedalam tumisan sayur dan sup, selain bisa juga dibuat minuman yang menghangatkan tubuh.

3. Kedelai Kacang

kedelai sama bermanfaatnya dengan susu, karena dapat menurunkan resiko mengalami osteoporosis hingga 30 persen atau lebih. Menurut penelitian yang dirilis oleh Oklahoma State University, mengkonsumsi 40 gram kedelai setiap harinya selama tiga bulan dapat mengurangi setengah dari konsumsi obat anti nyeri seorang pasien. Rahasianya ada pada kandungan isoflavones pada kedelai – sebuah hormon anti-peradangan yang alami.

4. Kunyit

Umbi tanaman berwarna kuning ini sudah dikenal oleh bangsa-bangsa di Asia sejak jaman purbakala. Kuliner India, Thailand dan Indonesia sangat akrab dengan bumbu kunyit ini. Ternyata kunyit sangat efektif memerangi rasa sakit rheumatoid arthritis, bahkan khasiatnya sama efektifnya dengan ibuprofen. Kunyit menghambat protein yang bernama NF-kB, yang menyebabkan imflamasi/peradangan pada tubuh, dan menyebabkan pegal pada sendi. Walau demikian tetap perlu diperhatikan dosis konsumsi yang sesuai, namun jika hanya untuk masak, kunyit sangat aman dikonsumsi.

5. Buah Cherry

Buah merah yang sering kita temui menghias kue tart ini mengandung banyak anthocyanins. Dengan mengkonsumsi 12 ons cherry dua kali sehari selama delapan hari dapat mengurangi rasa sakit secara efektif. Buah cherry segar maupun kalengan memiliki manfaat yang sama.

6. Kopi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kafein dalam kopi dapat menurunkan rasa nyeri – setidaknya yang berkaitan dengan sakit otot saat olahraga. Menurut Universitas Georgia, dosis menengah kafein – setara dengan dua cangkir kopi – Meringankan Sakit Pinggang  setelah olahraga sebesar 50 persen. Namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi terlalu banyak, karena dapat berdampak pada jantung.

7. Ikan mengandung omega – 3

Asam lemak omega-3 dalam ikan selain menjaga jantung tetap sehat juga dapat meredakan peradangan otot serta rakit pada punggung, serta membantu memerangi beberapa penyakit autoimun. Dalam sebuah riset, responden yang mengkonsumsi ikan yang mengandung omega-3 selama tiga bulan banyak yang tidak lagi mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit mereka. Jadi bisa dikatakan, ikan sejenis salmon ini merupakan obat anti nyeri yang alami dan tanpa efek samping. Ikan yang mengandung omega-3 adalah salmon, makarel, sarden,ikan trout, tuna, kakap dan juga striped bass.

Namun jika Anda mengkonsumsi obat pengencer darah, Anda harus konsultasi dengan dokter Anda dulu sebelum mengkonsumsi ikan-ikan tadi ya

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS DENGAN DOKTER WAWAN DAN TIM (082123977262)

Leave a Reply

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now