Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center
posisi tidur untuk nyeri punggung

Tips Posisi Tidur yang Nyaman untuk Redakan Nyeri Punggung

Posisi tidur yang tepat ternyata bisa membantu meredakan nyeri punggung yang Anda alami. Nyeri punggung memang bisa sangat mengganggu aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Terkadang, rasa sakitnya bukan hanya berlangsung sebentar, namun bisa lebih lama dan sering hilang timbul. Biasanya nyeri punggung terjadi karena ada masalah atau gangguan pada otot, sendi, ataupun saraf tulang belakang. Tak jarang, keluhan ini seringkali menyebabkan Anda jadi sulit untuk tidur dengan nyenyak dan tidak nyaman saat berbaring. Nah, di artikel ini Lamina memiliki beberapa tips untuk posisi tidur yang dapat membantu meringankan sakit punggung. Seperti apa? Cek di sini ya.

Tidur Telentang Menggunakan Bantal di Bawah Lutut

Bagi sebagian orang, posisi tidur ini adalah yang terbaik untuk meredakan sakit punggung. Anda bisa meluruskan kedua kaki agar mengurangi ketegangan otot atau meletakkan bantal di bawah lutut. Tujuannya yaitu menjaga lekukan tulang punggung agar tetap stabil. Selain bantal, handuk kecil juga bisa digunakan yaitu dengan menggulungnya dan letakkan pada area punggung sebagai penyangga tambahan.

Posisi tidur telentang sangat baik karena berat badan didistribusikan secara merata ke seluruh tubuh sehingga akan mengurangi tekanan pada punggung.

Tidur Miring dengan Bantal atau Handuk Kecil di Antara Kedua Lutut

Ambillah posisi tidur miring jika berbaring telentang membuat Anda tidak nyaman. Letakkan bantal atau handuk kecil yang digulung di antara kedua lutut dan biarkan bahu kanan atau kiri menyentuh kasur. Tidur dengan posisi menyamping ini akan membuat punggung terasa lebih baik. Sebab, bantal juga akan menjaga pinggung, panggul ataupun area tulang belakang tetap pada posisi yang lebih baik.

Tidur Menyamping dengan Posisi Meringkuk Seperti Janin

Pada kondisi saraf kejepit, Anda sebaiknya tidur dengan posisi meringkuk seperti janin saat dalam kandungan. Awalnya cobalah berbaring telentang dan perlahan ubah posisi dengan memutar tubuh ke arah samping. Tekuk lutut ke dada dan tekuk tubuh secara perlahan ke arah lutut dan cobalah untuk berpindah sisi ke bagian tubuh satunya. Posisi meringkuk ini dapat membuka ruang di antara ruas tulang belakang sehingga bisa meringankan rasa nyeri pada area punggung.

Untuk mencegah nyeri berkepanjangan, sebaiknya hindari tidur larut malam dan usahakan untuk menjaga jadwal tidur secara teratur dengan waktu yang konsisten. Jika mengalami sulit tidur akibat nyeri kronis pada punggung, sebaiknya periksakan diri ke Lamina Pain and Spine Center.

Anda bisa menghubungi Assistance Center Lamina pada nomor yang tertera di bawah dan tim kami akan segera mengarahkan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.

Yuk, chat dan hubungi Lamina Pain and Spine Center kapan saja agar nyeri hilang dan tak lagi mengganggu tidur Anda!

Baca juga: Matras Kesehatan untuk Meringankan Nyeri Punggung

Artikel Terkait