Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center

Trigeminal Neuralgia Penyebab Nyeri Wajah Yang Perlu Kamu Ketahui

Trigeminal neuralgia atau nyeri wajah sebelah untuk menggambarkan rasa nyerinya sangat sulit. Setiap penderita mengalami yang berbeda-beda, ada yang mengatakan seperti tertusuk jarum, atau kesemutan yang parah pada bagian wajah tertentu.

Penyebab  nyeri pada penyakit TN adalah persentuhan saraf trigeminal dengan pembuluh darah. Penyebab sentuhan itu sendiri adalah  karena posisi pembuluh darah yang  berdekatan dengan saraf trigeminal.

Lebih lanjut, hal tersebut  yang akhirnya mengakibatkan munculnya cetusan listrik. Rasanya akan seperti  tertusuk-tusuk, kesetrum, dan membuat seolah-olah nyeri  berasal dari gigi atau kulit wajah, padahal bukan dari area tersebut sumber masalahnya.

Nyeri Trigeminal Neuralgia Hilang-Timbul

Rasa nyerinya biasanya akan timbul pada salah satu bagian wajah, kiri atau kanan dan bisa muncul dalam hitungan detik sampai menit. Bahkan, salah seorang pasien ada yang pernah mengalami hingga lima belas menit dan kemungkinan akan berulang dalam satu hari.

Rasa nyerinya bisa hilang timbul. Pipi, rahang, gigi, gusi, dan bibir paling sering kena serangan penyakit ini. Kemudian, membuat pasien TN menyangka mereka mengalami sakit gigi.

Apa Saja Gejala Trigeminal Neuralgia?

  • Sakit seperti ditusuk atau disengat oleh listrik yang tak tertahankan
  • rasa nyeri seolah-olah seperti kesetrum, kejang atau kram yang berulang dengan intensitas serangan rendah
  • nyeri pada satu bagian area wajah atau menyebar ke seluruh wajah
  • nyeri hebatdalam waktu singkat, namun hilang muncul
  • Sakit yang muncul saat sedang mengunyah, bicara, gosok gigi atau cuci muka

Apa Yang Dimaksud Dengan  Radiofrekuensi Ablasi?

Seiring dengan perkembangan teknologi, trigeminal neuralgia ini dapat teratasi rasa nyerinya dengan menggunakan teknologi radiofrekuensi ablasi (RFA). Pengobatan ini sudah dapat  dilakukan di Lamina Pain and Spine Center.

Teknologi radiofrekuensi ablasi  merupakan pengobatan minimal invasive yang bisa membantu meningkatkan kualitas hidup pasien. Tindakan ini tanpa rawat inap dan bisa membantu mengatasi nyeri menyiksa yang hanya terasa pada salah satu sisi wajah akibat TN.

Selain pengobatan dengan menggunakan teknologi radiofrekuensi ablasi, keluhan TN ini dapat teratasi juga dengan injeksi, obat-obatan dan juga pembedahan. Ketiganya juga bisa kamu temukan di Lamina Pain and Spine Center. Namun, sebelum melakukan tindakan, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan dengan MRI. Hal ini untuk membantu melihat pembuluh darah yang menekan syaraf TN dan menyebabkan rasa nyeri wajah sebelah.

Artikel Terkait