Logo Klinik Lamina Pain and Spine Center

Vitamin Untuk Meringankan Kaki Kebas

Kaki kebas bisa terjadi akibat neuropati. Neuropati terjadi akibat kurangnya vitamin B1, B6, B12 dan beberapa vitamin lain. Kebas adalah kondisi ringan yang berlangsung sementara dan umumnya tidak berbahaya. Kondisi ini bisa berkurang dengan mengubah posisi tubuh dan mengurangi tekanan pada saraf. Selain itu penderita juga bisa bisa mengonsumsi beberapa vitamin untuk mengurangi kaki kebas. 

Mengukutip dari Healthline (2021), kebas biasanya terjadi karena penderita melakukan gerakan berulang atau posisi yang sama pada durasi yang tidak sebentar. Selain itu, kebas juga seperti yang disebutkan di awal bisa terjadi karena adanya penyakit saraf seperti neuropati. Neuropati bisa berakibat fatal jika tidak mendapat penanganan yang serius. 

Untuk menjaga fungsi saraf, kita bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Terdapat beberapa jenis mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga saraf dan mengurangi risiko terjadinya kaki kebas. 

Jenis vitamin untuk mengurangi kaki kebas 

Selain berfungsi untuk merawat saraf, beberapa jenis vitamin berikut juga bisa meredakan atau mengurangi kaki kebas, seperti dikutip dari Medical News Today (2021), berikut: 

1. Vitamin B 

Vitamin B bermanfaat untuk merawat fungsi saraf dan mencegah terjadinya kebas. Hal ini karena vitamin B bermanfaat untuk memelihara kesehatan, melindungi sel dan mempercepat terjadinya regenerasi pada jaringan saraf. Vitamin untuk meredakan penyakit kebas, seperti vitamin B1 atau tiamin, vitamin B6 dan juga B12. 

Penderita sebaiknya mengonsumsi jenis vitamin-vitamin tersebut secara terpisah. Kekurangan konsumsi vitamin B bisa berisiko menyebabkan kerusakan saraf secara permanen jika tidak mendapat penanganan yang tepat. 

Namun, kamu juga perlu ketahui, jika konsumsi vitamin B6 tidak boleh lebih dari 200 miligram setiap hari. Konsumsi vitamin B6 berlebihan bisa menyebabkan kerusakan saraf. 

2. Vitamin E 

Vitamin E bermanfaat untuk merawat kesehatan mata, kulit, darah, otak hingga organ reproduksi. Kandungan antioksidan pada vitamin E bermanfaat untuk melindungi kesehatan pada sel serta menurunkan risiko terjadinya penyakit berbahaya. 

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang bermanfaat untuk meredakan penyakit kebas. Hal ini karena kurangnya asupan vitamin E bisa menyebabkan terjadinya penyakit neuropati atau penyakit saraf karena kebas dan juga kesemutan. 

Penderita kaki kebas bisa mencukupi kebutuhan vitamin E untuk mengurangi nyeri kaki kebas dan kesemutan. Dosis vitamin E pada setiap orang tentunya berbeda. Umumnya untuk usia dewasa, baiknya mengonsumsi 15 mg vitamin E per-hari. 

3. ALC atau asetil karnitin 

Asetil karnitin berasal dari asam amino dan antioksidan. Nutrisi pada asetil karnitin umumnya tersedia dalam bentuk suplemen. Asetil karnitin bermanfaat untuk membantu memaksimalkan fungsi saraf dan mengurangi rasa nyeri neuropati akibat diabetes. 

Dalam sejumlah penelitian asetil karnitin bermanfaat untuk mengurangi gejala neuropati untuk pasien yang sedang menjalani kemoterapi. Namun, tentunya asupan asetil karnitin juga tetap perlu rekomendasi dari dokter untuk mengetahui berapa banyak jumlah yang dibutuhkan. 

4. ALA atau Alpha lipoic acid

Alpha lipoic acid merupakan vitamin yang bisa memperlambat kerusakan pada saraf. ALA atau alpha lipoic acid bisa sebagai vitamin untuk meredakan kaki kebas atau kesemutan. Alpha lipoic acid bisa mengurangi kebas, kesemutan dan gejala neuropati dalam beberapa minggu, seperti rasa nyeri panas dan juga tertusuk. Alpha lipoic acid juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan meringankan peradangan yang terjadi pada penderita. 

5. Asetilsistein

Asetilsistein adalah jenis vitamin dan juga nutrisi yang bisa mengurangi kaki kebas dan juga kesemutan. Berdasarkan penelitian, asetilsistein bisa melindungi saraf dari peradangan, meningkatkan koordinasi pada motorik dan mengurangi nyeri akibat neuropati. Asetilsistein mengandung antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan saraf karena stres oksidatif dan juga apoptosis. 

 

Artikel Terkait