Edit

Tentang Kita

Lamina Pain and Spine Center merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anestesi.

Info Kontak

Piriformis Syndrome Cara Pengobatan dan Menyembuhkan Nyeri

Piriformis Syndrome Cara Pengobatan dan Menyembuhkan Nyeri

Piriformis syndrome atau nyeri/ sakit pada bagian bokong tergolong sakit pinggang bagian bawah yang jarang terjadi. Otot piriformis sendiri merupakan otot yang terletak di bagian bokong, membentang hingga bagian atas tulang paha.

Otot piriformis membantu menyeimbangkan tubuh bagian bawah ketika Anda melakukan aktivitas yang melibatkan bagian tubuh di area ini, seperti berjalan atau ketika sedang mengangkat beban.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Kami Dengan Klik Link Ini

Piriformis syndrome atau sindrom piriformis adalah kondisi saat otot piriformis yang terletak di area bokong mengalami ketegangan dan kekakuan. Sehingga menjepit saraf sciatic yang berjalan di antara oto-otot piriformis tersebut dan timbul gejala seperti linu panggul (sciatic) akhibat jepitan saraf sciatic di daerah bokong (pantat).

Apabila tidak ditangani, nyeri akibat sindrom piriformis dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih karena nyeri ini dapat terpicu ketika sedang duduk, berlari, naik tangga, hingga jika otot piriformis mengalami penekanan. Terkadang orang awam sulit membedakan nyeri punggung dengan nyeri piriformis.

Untuk membedakan sindrom piriformis dari jenis sakit punggung bagian bawah lain seperti saraf terjepit, kejang otot, cedera otot hamstring dan asam urat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa pemeriksaan penunjang pada pasien.

CT scan, MRI, dan pemeriksaan elektromiografi (EMG) berguna untuk mengamati otot piriformis, mendeteksi gangguan atau perubahan pada saraf otot, dan mencari tahu faktor penyebab, seperti herniasi bantalan saraf tulang belakang, abses maupun tumor.

Cara Menyembuhkan Piriformis Syndrome

Setelah berkonsultasi dengan dokter dan melakukan beberapa pemeriksaan, maka akan  terdiagnosis apakah pasien memiliki keluhan sindrom piriformis atau keluhan lain. Jika pasien positif mengidap piriformis syndrome, ada beberapa cara untuk menyembuhkannya, antara lain adalah :

1. Fisioterapi adalah salah satu jenis penanganan pertama bagi penderita sindrom piriformis. Selain istirahat yang cukup, Anda dapat mengikuti serangkaian latihan fisik dan peregangan untuk mengurangi tekanan pada saraf sciatic. Anda juga bisa mencoba memberikan kompres dingin pada daerah yang nyeri untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Fisioterapi juga bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan menambah jangkauan gerakan Anda.
  2. Obat-obatan seperti pereda rasa sakit, pelemas otot (muscle relaxant), maupun suntikan kortikosteroid. Bius juga dapat menjadi pilihan jika perlu untuk meminimalisir rasa sakit. Tindakan pembedahan adalah pilihan terakhir dan dilakukan  dengan beberapa cara. Antara lain dengan pemotongan urat piriformis dan pembedahan saraf sciatic. Tindakan operasi juga dapat menjadi pilihan pada gejala nyeri berat akibat tekanan pada saraf sciatic. Anda bisa mendiskusikan dengan dokter, pilihan pengobatan lain yang tersedia, sebelum memutuskan untuk menjalankannya.
  3. Jika ketiga cara di atas sudah menjadi pilihan terapi namun tidak ada perubahan, cara yang tepat yakni dengan melakukan injeksi atau suntik di area yang nyeri. Penyuntikkan anastesi lokal dan kortikosteroid, kadang langsung ke dalam otot piriformis. Untuk membantu otot menjadi rileksa dan mengurangi kejang serta nyeri.

Informasi Lebih Lanjut Hubungi Kami Dengan Klik Link Ini