Nyeri Lutut Bisa Saja Gejala Terkena Osteoarthritis

Kaki Anda nyeri saat berjalan? Sendi tidak dapat bergerak secara bebas? Mengapa? Mungkin itu salah satu tanda Osteoarthritis (OA). Usia diatas 40 tahun rata-rata memang mengidap Osteoarthritis. Kasus Osteoarthritis paling banyak dirasakan di lutut, karena lutut merupakan tumpuan dari tubuh kita. Jadi demakin besar berat badan seseornaag, maka semakin besar pula beban yang harus ditumpu oleh lutut.

Osteoarthritis adalah penyakit persendian yang menimbulkan rasa sakit dan terbatasnya pergerakan sendi, serta seiring waktu bisa menyebabkan kerusakan tulang rawan. Penyakit ini bisa menjangkiti berbagai macam persendian, namun persendian yang paling sering terkena dampaknya adalah jari, leher, kaki, pinggang, lutut, dan pinggul. Penuaan atau bertambahnya usia merupakan faktor umum terjadinya osteoartritis. Beberapa gejala osteoartritis yang memengaruhi persendian adalah sebagai berikut:

• Persendian terasa sakit, terutama saat berjalan.
  • Persendian menjadi tidak stabil, terasa kaku, dan membengkak.
  • Jika disentuh, persendian akan terasa hangat.

Selain itu, Osteoarthritis juga dapat menyebabkan melemahnya otot dan bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari, seperti mengalami kesulitan untuk membungkuk, memakai pakaian, duduk dan bahkan menggenggam objek. Diagnosis Osteoarthritis dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan tes medis. Dokter kemudian akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan seperti berikut:

• Tes darah untuk mengetahui jika ada penyebab lain terjadinya nyeri sendi
  • X-rayuntuk melihat taji tulang di sekitar persendian.
  • Analisis cairan persendian untuk memeriksa apakah nyeri yang muncul diakibatkan oleh infeksi atau kristal asam urat.
  • MRI untuk melihat jaringan lunak, tulang dan tulang rawan secara lebih rinci.

Jika Anda, keluarga atau rekan Anda memiliki berbagai keluhan nyeri, jangan berhenti untuk memberikan dukungan, karena dukungan dan masukan positif merupakan hal yang sangat penting bagi proses kesembuhan pasien.