nyeri punggung

Cara Dini untuk mencegah dan mengatasi Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang merupakan penyakit yang sudah ada sejak lama dan perkembangannya kini meluas bukan hanya dirasakan oleh orang yang sudah lanjut usia, namun dapat juga dirasakan oleh orang yang berusia muda. Sakit pinggang paling banyak diderita oleh kebanyakan orang yang aktif bekerja (usia produktif) atau bagi mereka yang sudah lanjut usia. Keluhan yang satu ini memang dapat merusak kenyamanan dan mengganggu aktifitas harian dan produktivitas bekerja.

Cara awal untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan cara mengetahui penyebabnya kemudian dicarikan solusi yang tepat sesuai dengan penyebab atau letak gangguan yang terjadi itu. Namun jika Anda masih bingung atau kurang mengerti penyebab sakit pinggang yang sedang Anda alami, maka cara mengatasi sakit pinggang berikut akan berlaku secara umum namun tergantung pada berapa lama sakit pinggang terjadi, seberapa parah sakitnya dan bergantung pada pilihan yang dapat Anda terapkan.

Sakit pinggang jangka  yaitu sakit pinggang yang baru saja terjadi dan biasanya berlangsung tidak lebih dari enam minggu. Kondisi seperti ini dapat diobati dengan obat sakit pinggang yang dijual bebas dan perawatan sederhana di rumah namun gunakanlah dengan bijak dan perhatikan aturan pakainya. Jika sakit pinggang disebabkan oleh spasme atau kejang otot, dokter akan meresepkan diazepam dalam penggunaan yang singkat. Selain dengan obat, pasien juga dapat melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Terapi Panas dan Dingin.

Mandi air panas atau botol berisi air panas yang ditempelkan pada daerah pinggang yang sakit dapat membantu meringankan rasa sakit. Sementara itu kompres dingin juga dan membantu meringankan nyeri pinggang, seperti kompres es atau kantong tebal berisi es batu. Namun, jangan menaruh es langsung ke kulit karena dapat menyebabkan luka bakar dingin. Jadi bungkuslah es batu dengan kain sebelum menggunakannya.

  1. Mengatur Posisi Tidur

Anda juga disarankan mengatur posisi tidur yang bertujuan untuk meregangkan punggung sehingga dapat meringankan rasa sakit. Caranya sebagai berikut: Jika Anda tidur miring, maka tariklah kaki (menekuk) sedikit ke arah dada dan menempatkan bantal di antara kaki. Jika Anda tidur telentang, letakkan bantal di bawah lutut. Hal ini akan membantu mempertahankan kurva normal punggung bawah.

  1. Relaksasi

Relaksasi atau bersantai merupakan hal yang penting untuk mengurangi dan mengatasi sakit pinggang karena ketegangan otot yang disebabkan oleh faktor psikis atau pikiran tegang. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu berprasangka atau berfikir positif meskipun sakit cenderung akan pulih lebih cepat dan menghindari sakit pinggang jangka panjang.

  1. Tetap Aktif.

Orang-orang yang tetap aktif cenderung pulih lebih cepat. Ini mungkin sulit pada awalnya jika sakit parah, tetapi cobalah untuk bergerak secepat yang Anda bisa, namun lakukan sedikit-sedikit secara bertahap. Seperti berjalan di sekitar rumah, taman, mall, dll. Hal ini juga dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit.

  1. Latihan dan gaya hidup

Hal ini sangat cocok dilakukan jika penyebab sakit pinggangnya adalah kelebihan berat badan, postur tubuh yang buruk dan stres. Olahraga teratur dan aktif setiap hari akan membantu menjaga punggung tetap kuat dan sehat. Kegiatan seperti berjalan kaki, berenang dan yoga adalah pilihan populer. Pilihlah yang menyenangkan buat Anda. Jangan ragu untuk mengonsultasikan nyeri Anda bersama Klinik Nyeri dan Tulang Belakang.

 

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS DENGAN DOKTER WAWAN DAN TIM (082123977262)

Tinggalkan Balasan

Jalan Warung Jati Barat No.34, Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, 12740

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now

Call 02179196999